Bab 9 Lingkungan Politik, Hukum, dan Regulasi Pemasaran Global

Sementara pemerintah dibanyak negara sedang mempelajari isu-isu lingkungan khususnya daur ulang, Jerman telah memiliki paket aturan yang mengalihkan beban biaya untuk buangan limbah material industri. Pemerintah Jerman mengharapkan bahwa hokum yang dikenal dengan nama Verpackungsverordung itu akan menciptakan suatu “lingkaran ekonomi yang tertutup (close loop economy).” Tujuannya adalah untuk memaksa manufaktur mengurangi material yang tidak terlalu penting dan tidak dapat didaur ulang juga mengadopsi pendekatan inovatif lainnya dalam memproduksi dan mengemas produk. Meskipun biaya yang berkaitan dengan kerelaan, tampaknya industry melakukan kemajuan yang signifikan kearah penciptaan lingkungan ekonomi yang tertutup. Perusahaan mengembangkan kemasan baru yang materialnya lebih sedikit dan memasukan lebih banyak bahan yang kandungannya lebih mudah didaur ulang.

Paket undang-undang Jerman adalah salah satu contoh dari pengaruh lingkungan politik, hokum, dan regulasi yang terdapat dalam aktivitas pemasaran. Setiap pemerintahan nasional didunia ini mengatur perdagangan dan perniagaan dengan Negara lain dan mencoba mengendalikan akses dari perusahaan asing terhadap sumber daya nasional. Setiap Negara mempunyai keunikan system hukum dan regulasi sendiri yang mempengaruhi operasi dan aktivitas pemasaran global untuk mengenali peluang pasar yang ada. Hukum dan regulasi memaksa perpindahan produk , jasa, orang, uang, dan keahlian melintasi batas-batas Negara. Pemasar global harus mencoba untuk menelusuri rangkaian hambatan nasional ini dan dalam beberapa hal  untuk suatu kawasan. Upaya-upaya ini dihalangi oleh kenyataan bahwa hukum dan regulasi kadang-kadang ambigius dan terus-menerus berubah.

Oleh :

1 Comment »

  1. ghion said,

    ok thank’s bang


Leave a comment